NAMA :    DINA ERMELIA      NPM:42210060    KLS :1DA03       TULISANKE 6

 Pengertian Politik Strategi dan Polstranas

Perkataan politik berasal dari bahasa Yunani yaitu Polistaia, Polis berarti kesatuan masyarakat yang mengurus diri sendiri/berdiri sendiri (negara), sedangkan taia berarti urusan. Dari segi kepentingan penggunaan, kata politik mempunyai arti yang berbeda-beda.

Untuk lebih memberikan pengertian arti politik disampaikan beberapa arti politik dari segi kepentingan penggunaan, yaitu :

1. Dalam arti kepentingan umum (politics) Politik dalam arti kepentingan umum atau segala usaha untuk kepentingan umum, baik yang berada dibawah kekuasaan negara di Pusat maupun di Daerah, lazim disebut Politik (Politics) yang artinya adalah suatu rangkaian azas/prinsip, keadaan serta jalan, cara dan alat yang akan digunakan untuk mencapai tujuan tertentu atau suatu keadaan yang kita kehendaki disertai dengan jalan, cara dan alat yang akan kita gunakan untuk mencapai keadaan yang kita inginkan.

2. Dalam arti kebijaksanaan (Policy) Politik adalah penggunaan pertimbangan-pertimbangan tertentu yang yang dianggap lebih menjamin terlaksananya suatu usaha, cita-cita/keinginan atau keadaan yang kita kehendaki.

Dalam arti kebijaksanaan, titik beratnya adalah adanya : – proses pertimbangan – menjamin terlaksananya suatu usaha – pencapaian cita-cita/keinginan Jadi politik adalah tindakan dari suatu kelompok individu mengenai suatu masalah dari masyarakat atau negara.Dengan demikian, politik membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan :

 * Negara

* Kekuasaan

* Kebijakan umum

* Distribusi

 Pengertian Politik, Strategi dan Polstranas

2. Pengertian Politik

Politik secara umum menyangkut proses penentuan tujuan negara dan cara melaksanakannya.  Dengan demikian politik membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan negara, kekuasaan pengambilan keputusan & distribusi / alokasi sumber daya.

3. Pengertian Strategi

Strategi pada dasarnya merupakan seni dan ilmu penggunaan dan mengembangkan kekuatan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

4. Politik dan Strategi nasional

Politik nasional adalah asas, haluan, usaha serta kebijakan negara tentang pembinaan serta penggunaan kekuatan nasional, strategi nasional adalah cara melaksanakan politik nasional dalam mencapai sasaran dan tujuan yang ditetapkan oleh politik nasional.

Dasar Pemikiran penyusunan politik dan strategi nasional

Penyusunan politik dan strategi nasional perlu memahami pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam sistem menejemen nasional yang berlandaskan ideologi, pancasila, uud 1945, wawasan nusantara dan ketahanan nasional.

Penyusunan Politik dan Strategi Nasional

Tahun 1985 telah berkembang pendapat jajaran pemerintah dan lembaga-lembaga tersebut dalam UUD 1945 merupakan

suprastruktur politik”, lembaga tersebut adalah MPR, DPR, DPA, BPK dan MA. Sedangkan badan-badan yang ada dalam masyarakat disebut sebagai “infrastruktur politik” seperti partai politik, media massa, dll.

Stratifikasi politik nasional

  1. Tingkat penentu kebijakan nasional
  2. Tingkat Kebijakan Umum
  3. Tingkat Penentu Kebijakan Khusus
  4. Tingkat Penentu Kebijakan Teknis
  5. Dua macam kekuasaan dalam pembuatan aturan didaerah

Politik pembangunan Nasional dan Menejemen Nasional

  1. Makna Pembangunan nasional
  2. Menejemen Nasional

Otonom Daerah

UU no 2 tahun 1999 tentang pemerintahan daerah yang merupakan salah satu wujud politik dan strategi nasional secara teoritis telah memberikan 2 bentuk otonom kepada 2 daerah.

Kewenangan Daerah

Keuntungan dari desentralisasi adalah pemerintah daerah dapat mengambil keputusan dengan lebih cepat.

Implementasi politik dan Strategi Nasional yang mencangkup

bidang- bidang pembangunan Nasional

1. Visi da Misi GBHN 1999-2004

Visi politik dan strategi nasional yang tertuang dalam GBHN 1999-2004 adalah terwujudnya masyarakat indonesia yang damai, demokratis, berkeadilan berdaya saing, maju dan sejahtera dalam wadah NKRI.

2. Implementasi Polstranas dibidang Hukum

3. Implementasi Polstranas dibidang Ekonomi

4. Implementasi Polstranas dibidang Politik

    1. i.      Politik dalam Negeri
    2. ii.      Politik Luar Negeri
    3. iii.      Penyelenggaraan Negara
    4. iv.      Komunikasi, Informasi dan mesia massa
    5. v.      Agama
    6. vi.      Pendidikan
  1. 5. Implementasi di Bidang Sosial dan Budaya
    1. i.      Kesehatan dan Kesejahteraan sosial
    2. ii.      Kebudayaan, Keseniaan dan Pariwisata
    3. iii.      Kedudukan dan Peranan Perempuan
    4. iv.      Pemuda dan Olahraga
    5. v.      Sumber daya alam dan Lingkungan Hidup

6. Implementasi di Bidang Pertahanan dan Keamanan

    1. i.      Kaidah pelaksanaan
    2. ii.      Keberhasilan politik dan Strategi Nasiona

kesimpulan
politik secara umum menyangkut proses penentuan tujuan negara dan cara melaksanakannya.  Strategi pada dasarnya merupakan seni dan ilmu penggunaan dan mengembangkan kekuatan untuk mencapai tujuan yang ditetapkan dan politik strategi nsional yaitu , haluan, usaha serta kebijakan negara tentang pembinaan serta penggunaan kekuatan nasional, strategi nasional adalah cara melaksanakan politik nasional dalam mencapai sasaran dan tujuan yang ditetapkan oleh politik nasional

DAFTAR PUSTAKA
http://www.google.com

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a comment